Jumat, 08 Juni 2012

Galau Itu…



8 Juni 2012, 7.58 WIB
Abis nonton film Poconggg Juga Pocong, film yang bukunya juga aku anggap sangat berpengaruh padaku.hehe satu kalimat yang aku suka adalah single itu prinsip, jomblo itu nasip. Aku suka bukunya karena unik menggambarkan dunia galau dari seikat pocong.
7 Juni 2012, entah kenapa dunia rasanya galau, dapet sms galau, gak dapet sms juga galau. Hedeeeh, gak tau deh. Aku ge mencoba mengkaji tentang apa itu galo. Kata pak Dekan, galo itu bahasa psikologinya Depresif. Hmmm, bisa juga. Tapi, aku mikirnya galau itu semacam keadaan di mana kita ingin keluar dari sebuah situasi tetapi kita sendiri belum bisa keluar, akhirnya semacam tersesat di dalamnya. Kaya main maze lah, gak tau ke mana kita akan keluar? Akhirnya muncul berbagai macam respon yang luar biasa dari diri sendiri ntuk mentasai keadaan seperti itu, entah dengan kesedihan, atau berpura-pura senang dan semuanya baik-baik saja padahal tidak.
Kadang juga banyak orang yang menyangkal bahwa dirinya galau tetapi menggap baik-baik saja. Tetapi bawaannya itu serba horror terus. Bentar-bentar pengin makan, ato ngisep darah.hehe
Dari film poconggg juga pocong aku mencoba mengamati cirri-ciri galau itu

Sensitif
Yang pertama sensitif, orang galau itu kaya orang PMS, gampang tersinggung, gampang berubah moodnya. Misalnya aja si poconggg sewaktu dia merasa diinak-injak harga dirinya hanya karena mau temenan ma grupnya Anjaw gak boleh, atau ketika ngeliat cewek yang disukainya (Sheila) jalan ma cowok lain.
Nah, sensitive itu juga misalnya kaya orang yang ge skripsi (kaya aku nih) kalo denger kata skripsi aja, biasanya, “AH JANGAN SEBUT KATA ITU, PLEASE” atau kalo ge ada masalah nih ma seseorang juga, “AU AH!!!” sensitive kaya poconggg, “Dulu aku ma Sheila juga ke ilalang kenapa tukang foto itu ajak Sheila ke sini juga?” “Dulu aku ma Sheila juga ke sini, kenapa mereka harus di sini juga?” ya gitu gitu deh

“Melow”
Orang galau itu suka ma yang mellow-melow, dengerin lagu misalnya yang mendukung perasaanya. Seakan-akan tuh kegalauannya itu kaya di film-film, ada soundtraknya. Suka banget denger lagu-lagu yang mengekspresikan perasaanya saat itu, lagu patah hati, lagu kekecewaan, lagu kemarahan, “Ambilkan bulan Bu, ambilkan bulan Bu, untuk menerangi di saat galau” hedeeeh. Yang cukup kreatif mungkin akan segera mengekspresikan dalam sebuah etikan gitar yang sendu, hantaman drum yang lambat, atau alunan piano yang lembut, mungkn sangat cocok jika bisa memainkan biola. Tetapi mungkin jika sudah terbawa suasana, tiba-tiba permainannnya semakin keras dan cepat seakan-akan mengekspresikan perasaannya yang akan meledak. DUAAARRR!!!
 Atau tiba-tiba menjadi puitis, mengekspresikan dirinya dalam bait-bait yang menggambarkan kegalauannya, “Oh kenapa mawar itu merah, daun itu hijau, aku galau” gak mutu!!! Atau mungkin tiba-tiba juga sensitive terhadap segala sesuatu,  “Lihatlah awan itu mendung, seakan-akan dia faham perasaanku ini, lihatlah daun-daun berguguran seakan-akan faham bahwa hatiku ini terasa hancur, biarkan aku rasakan hujan, airnya menetes demi tetes menyentuh kulitku, hapuskan segalau’ JEDUEEEERRR!!!’ ala mak petir petir!!!!” kaya si Poconggg, “Ketika Galau menghampirimu, bershowerlah.”
Atau juga biasanya suka ma cerita-cerita galau dan membayangkan kalau dirinya yang ada di cerita itu. ceritanya itu biasanya ada adegan kecelakaan, atau tiba-tiba si tokoh sakit parah, atau bahkan mati, intinya biar dapet perhatian dari banyak orang. Huhuhu sedihnye!!! 
Orang galau itu emang pengin diperhatiin, dia mencoba mendapatkan perhatian dari orang lain, atau dari berbagai hal misalnya dari lagu, “Wah, ini lagu ngertiin perasaanku” atau dari novel, “Novel ini seperti kisah hidupku”

“Aku lagi Pengin sendiri”
Orang galau itu biasanya lebih pengin sendiri, menikmati kegalauannya dengan penuh rasa kegalauan. Menikmati setiap hal, jika ada yang tau dia menangis pun dia gak malu, dia bebas berkespresi. Merasa sendiri, seakan-akan orang lain itu sudah tidak memahami atau tidak peduli dengan dirinya lagi. Seakan-akan dia sudah tidak percaya dengan orang lain.
Sama seperti poconggg, aku suka adegan ini ketika si poconggg menyendiri di halte kendaraan golf tapi yang dateng malah angkot. Dan tiba-tiba muncul pocongwati (pocong perempuan), “Hai” sapa poconggg, “Hai!” bales pocongwati dengan jutek. “Dimas” “Dhea” dengan jutek. “Lagi galau ya? Ditinggal ama pacar” si pocongwati ngangguk. Terus si pocong ngasih perumpamaan bahwa cinta itu kaya angkot, kadang kita harus ngantri atau lari-lari ngejar buat dapet angkot, giliran sudah dapet kadang kita ngerasa salah angkot, atau kadang angkot yang kita naiki itu juga dinaiki satu, dua, tiga, atau empat orang lain.hehe terbaik ^^b
Ya pada episode di mana orang galau itu pengin sendiri, berharap akan datang keajaiban atau insight yang akan merubah cara pandangnya. “Iya juga ya, burung itu hewan yang bebas bisa terbang ke mana saja, tapi kalau sudah dikurung, dia hanya bisa terbang sebatas kurungannya aja, nah kita manusia yang gak dikurung malah buat kurungan sendiri dalam pikiran kita” kaya gitu kaya gitu lah.
Kadang ketemu orang yang seakan-akan nih bisa memahami kita, “Ge sedih ya??” “Iya” nah udah deh merasa ada yang memahami mulai cerita banyak hal pada orang itu. kaya si Sheila yang kehilangan Dimas tiba-tiba dingertiin ma Adit. Ya rasanya gimana gitu.

“Kenape lo? Muka loe dilipet?”
  Ini berkaitan dengan bahasa tubuh orang yang galau. Orang galau itu misalnya kaya poconggg, jalannya perlahan (seakan sangat berat untuk melangkah, kakinya ada batunya kali ya?) mukanya nunduk, matanya sayu atau kaya orang sedih (berusaha mengurangi berbagai informasi dari luar), bahunya mengendur, biasanya mengehal nafas. Meskipun gak semuanya gitu, ada ekpresi-ekspresi kecil yang meskipun terlihat si orang merasa senang tetapi sedang menunjukan kegalauan, seperti senyum palsu, dia senyum kemudian tidak lama kemudian senyu itu hilang atau biasanya menunjukan ketidak nyamanan seperti berusaha menghindar dari orang lain. Mungkin terkait “aku lagi pengin sendiri, jangan ganggu aku”
Kadang sering memandang kelangit, ada dua hal mungkin itu metaforanya untuk bebas dari kegalauannya atau secara non verb orang yang mendongakan kepalanya ke atas itu adalah orang yang berusaha untuk menghilangkan kesedihannya, karena orang lebih mudah sedih kalau menunduk.

“Aku kangen nih”
Tiba-tiba aja kangen sama masa lalu, masa indah di mana suatu masa yang lebih baik daripada masa sekarang. “Dulu tu gak kaya gini, dulu tu..” nah udah kalo udah mulai muncul kaya gitu. Liat aja si Poconggg, “Dulu aku ma Sheila suka duduk-duduk di taman” atau pas ngebayangin masa-masa SMA dulu ketika pocong lainnya malah main bola, jelas aja gool wong pocong tangannya dislempitin? Ya pada episode ini juga masa di mana dia ingin sendiri, seakan-akan hilang dari masa sekarng yang dia anggap sangat menyebalkan. Betull???hehe

Perasaannya cepet berubah
Iya karena sensitive sehingga perasaanya cepet berubah, tiba-tiba seneng, kadang bisa jadi bijak, tiba-tiba sedih lagi. Kaya Mas poconggg yang ge pengin sendirian dan dateng pocongwati, kemudian tiba-tiba aja jadi bijak sampe nyuruh jangan bunuh diri (eh malah dia mau bunuh diri juga), tapi setelah inget angkot dia sedih lagi. Atao setelah diajak dugem malam jum’at ma Kunti, si poconggg seneng tapi abis itu keinget lagi sedih lagi. Kaya gitu kaya gitu deh cepet berubah moodnya. Gara-gara suruh wawancara lagi tiba-tiba nih aku jadi bad mood, liat temen sidang langsung galau luar biasa.hedeeeeh tak patut tak patut.

Aku gagal
Mungkin ini perasaan yang paling pool adalah perasaan telah gagal, seperti tidak ada harapan lagi. “Ngapain lu Chonggg?” Tanya kunti ketika poconggg berdiri di pinggir sebuah atap, “Mau bunuh diri” “Mana ada pocong bunuh diri PA” ya paling galaunya sukses mungkin yang bunuh dirinya berhasil kali ye. “Hikz aku telah gagal, mulai sekarang aku akan meninggalkan semua ini” ya semacam pikiranku ketika skripsi gak selesai-selesai penginnya DO.hehehe ^^v

Ya itu sekilas tentang cirri-ciri orang galau yang aku lihat dalam film poconggg juga pocong. Ada dua macam usaha yang bisa dilakukan ketika galau dateng, usaha secara emosional atau usaha buat mnyelesaikan masalah itu.  usaha emosional tu misalnya dengan pergi ke mana, menyesatkan diri, atau apa gitu, intinya usaha itu bisa menjadi memperburuk keadaan atau bisa juga membantu mengubah cara pandang terhadap masalah.
Yang kedua usaha untuk menyelesaikan masalah, lah ini adalah usaha aktif untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang baik, jika skripsi gak kelar ya dikerjain dan dikelarin lah (hehehe mengingatkan diri sendiri), kalo ada masalah dengan orang lain coba selesaikan baik-baik. Mungkin kita bisa lari dari masalah, tapi kita perlu kembali dan mnyelesaikan masalah itu. Anyway, inget kata Om Chrisye dalam lagunya, “Galau Pasti Berlalu.”
Terakhir banyak mendekatkan diri pada Tuhan, karena kegaluan itu mungkin biar kita nih deket ma Tuhan. Udah berapa lama kita lupa ma Tuhan? Gak peduli masalah akan jadi kayak apa, galau mau jadi gimana? Tapi kalo semakin banyak nih deket ma Tuhan, tetep kan dapet pahala. Ce ileee daripada gak ngapa-ngapain dan gak dapet apa-apa.
Aku sedang berpikir bahwa untuk menjadi bahagia itu kita yang harus menjadi penyebab, bahagia itu bukan berasal dari orang lain, harta, kesenangan, atau hal lain yang berada di luar diri kita. Tapi jauh dari itu ada sesuatu dari kita yang menyebabkan kebahagiaan itu sendiri, yaitu kedekatan kita ma Yang Punya Kebahagiaan.cip!!

Nice ^^b Salam Galoo Uoooo!!!
Selese nulis 9.18 WIB
@fayssmile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar