Kamis, 23 Agustus 2012

Belajar Nganggur Kaya Miyabi



Pada kesempatan kali ini aku mau nulis tentang bo… (bukan) boring. Hehe ^^v 
23 Agustus 2012, pukul 05.05 WIB, gerbong 1 no.11B Kelas Eksekutif  (ce ileh nggaya) KA Kaligung Mas.
Ye dapetnya yang nomer ini, gerbong ini. Syukuri aje deh, jarang-jarang naik kelas eksekutif.haha… Gerbongny asyik, meskipun tadi aku harus menahan sedikit malu karena gak berhasil muter kursi,hihi…Pa lagi yang sebangku sama aku cewek,xixixi... So far, enak buat nyender, apalagi tidur. Pintunya gak manual gesernya, tapi ada tombol kecil buat mbuka secara otomatis, pantes tadi ta geser-geser gak bisa-bisa,hehe… Asli keliatan ndesa banget naik eksekutif.
Belum pengin tidur di gerbong yang dingin ini, meskipun semalem main timpuk-timpukan sama nyamuk sekitar jam setengah 12 sampe jam 1an. Hadeeeh…
Well, akhirnya berangkat lai ke Semarang, setelah kemarin-kemarin merasakan kondisi emptiness di rumah gara-gara gak punya kegiatan yang berarti. Yap, inikah yang namanya nganggur, oh inikah nganggur, nganggur pada calon sarjana.
Asli nganggur itu emang ga enak, malu banget ketika kemarin waktu main ke rumah Omku di Brebes kota, ada tetangga Omku yang ngasih aku angpao lebaran, meski tetangganya Omku kenal aku juga, “Aduh, tante kaya anak kecil aja” “daah” meskipun malu-malu, tapi mau juga.hehehe Alhamdulillah deh. Aku mikir, aduh parah nih kalo masih ada orang lain yang kasih uang lebaran kaya gini.
(my note)
Pernah kebayang gak, Miyabi kalo nganggur ngapain??? Heheheh (wah, tuh yang dah ngiler seember, mbayangin apa lu??) Pertayaannya kenapa lu bisa kenal Miyabi bintang film gitu-gituan??? Pernah nonton ya??? (tu muka mesumnya keliatan,hihihi).
Aku tau Maria Ozawa alias Miyabi tu juga dari temen kostku, “Kamu gak tau Miyabi?” “siapa tu?” aku pikir sejenis mi goreng. “Itu artis bokep” “Owh.” Well, sebelum ngomongin Miyabi, aku mau cerita dulu. Selama di kereta Api kemarin dan selama di rumah kemarin-kemarinnya lagi, aku terus mikir tentang apa yang akan aku lakukan setelah wisuda nanti ya? Nyoba-nyoba cari referensi beasiswa buat S2, tetapi semakin menciut ketika banyak syarat yang harus dipenuhi, terutama yang ke luar negeri. Hadeeeh, aku semakin ragu dengan langkahku sendiri. Kalo S2 aku belum tentu bisa nikah, tapi kalo kerja dulu mungkin mulai bisa buat nabung, hahaha mikir jauh masa depan.
Nganggur itu bener-bener gak enak, gak ada dinamika yang biasa aku hadapi. Tiap hari kerjaannya monoton banget, mulai dari bangun tidur, sholat, liat tayangan televisi, tidur siang, nonton televise lagi, habis holat maghrib baca-baca, habis sholat isya nonton lagi, terus tidur malem. Salah satu buku yang aku baca adalah Fresh Graduate Boss karya Margareta Astaman, yang salah satu babnya berbicara tentang Miyabi, nah dari situ aku tertarik juga buat geger tentang Miyabi. Heheheh
Gitu terus hampir tiap hari, ya paling nganter mamah ke mana, atau bantuin mamah kalo ada tamu dateng. Banter-banter cuman bisa main ke halaman belakang buat liatin ayam. AAAARRRGGGGHHHH… Gak sabar buat segera balik ke Semarang dan menyelesaikan revisi skripsiku, ketemu sama teman-teman yang unyu-unyu, dsb dsb.
Well, aku penasaran sama hipotesanya Ediwan tentang tekanan sosial pada freshgraduate maupun yang hampir jadi freshgraduate. So, aku pun mencoba bertanya ke beberpa teman di Psikologi UNDIP dengan sms kaya gini
“Pagi! Pengen survey kecil2an. Apa yang sering ditanyakan orang2 k km, ktk masa2 lebaran?
A.Sudah kerja di mana?
B.Kapan nikah?/dah punya pacar blm? (pilih salah 1)
C.Dah lulus?
D.Lainnya …
Pilih salah 1 aja dan yang paling sering. Terima kasih semoga bermanfaat ^^b
Aku sms ke 20 orang, 10 cowok dan 10 cewek yang belum diwisuda (meskipun sudah sidang) dan hanya 13 yang membalas dan menjawab smsku
A : 3 orang; B : 2 orang; C  : 5 Orang; D  : 3 orang
Karena tujuan dari survey-surveyanku ini untuk mengetahui perbedaan tekanan sosial antara cewek sama cowok, maka bisa dilihat sebagai berikut
Cowok, A : 1 orang ; B : 0 orang; C : 4 orang, D : 2 orang
Cewek, A : 2 orang; B : 2orang; C :1orang, D :1orang
Unik, karena cowok jarang ditanya tentang pernikahannya ya? Paling ada yang milih D, karena ditanya, “udah punya baby belum?” tapi luar biasanya tekanan sosial kepada cowok untuk segera lulus jauh lebih besar.
Terus aku bertanya lagi ke 10 orang yang udah diwisuda, dengan pertanyaan yang hampir sama dan opsi yang sama, hanya saja pertanyaan yang diberikan sebagai berikut
Apa yang sering ditanyakan orang2 k km setelah jd FreshGraduate, ktk masa2 lebaran?
Opsi yang diberikan pun sama, dari 10 orang yang aku sms, 5 cewek dan 5 cowok, yang bales Cuma 6 orang, 2 cowok dan 4 cewek, dengan hasil secara umum sebagai berikut
A : 4 orang, B : 1 orang, C :1orang
Sedangkan jika dibagi antara cowok dan cewek, bisa dilihat sebagai berikut
Cowok, A : 2 orang; B : 0 orang; C : 0 orang; D : 0orang
Cewek, A : 2 orang; B : 1 orang; C :1 orang; D : 0 orang
Ada cewek yang sms meskipun ditanyakan tentang pekerjaan, tetapi juga ditanyakan seputar jodohnya. Menarik, lagi-lagi cowok gak ada yang ditanya seputar pernikahan, tetapi lebh tentang pekerjaannya, sedagkan cewek asih tetap ada yang menanyakan hal tersebut.
Kalo disimpulkan memang tuntutan cowok lebih pada tuntutan untuk bekerja, sedangkan cewek lebih pada tuntutan untuk memangun rumah tangga. Secara cowok memang memiliki tanggung jawab terhadap keluarga daripada cewek yang sifatnya bisa sekunder untuk mencari nafkah. Atau mungkin stigma sosial tentang laku dan tidaknya seorang cewek diukur sudah nikah atau belum maupun sudah punya calon atau belum?
Ya survey kecil-kecilan ini memang belum bisa menggambarkan secara umum tentang gambaran tekanan sosial pada freshgraduate maupun calon freshgraduate.
Beberapa pilihan yang bisa dilakukan setelah wisuda, antara lain
1.                       Kerja
Ini yang umum dilakukan oleh freshgraduate . rame-rame nyari dan ngasih lamaran kerja ke beberpa instansi atau perusahaan. Paling tidak buat memenuhi tekanan sosial bahwa sarjana ya harus kerja, percuma kalo nganggur, buat apa sekolah lama-lama kalo terus nganggur?
2.                       Berwirausaha
Ini yang tidak umum, emang bisa dihitung dengan jari, freshgraduate yang lulus terus milih berwirausaha dan membuka lapangan kerja buat orang lain. Kalo dengan bekerja memang bisa langsung terima gaji tertentu yang bisa dikatakan lumayan, tetapi kalo berwirausaha belum tentu lumayan pada awal-awalnya, tetapi kalo bener-bener focus, income nya bisa melebihi orang yang jadi karyawan. Mungkin butuh waktu agak lama jika mau sukses.
3.                       Memperpanjang status mahasiswa alias S2
Ini pilihan lain, karena tuntutan dunia kerja konon lebih memandang yang S2 daripada yang S1, kalo dulu lulusan S1 lebih terpandang daripada lulusan SMA atau sederajatnya, tetapi perkembangan zaman seperti sudah merubahnya. So,  bagi yang masih betah kuliah pilihan ini bisa tepat, terutama bagi yang berasal dari keluarga yang mampu untuk membiayai S2, bagi yang tidak, tenang masih ada beasiswa kok. Bagi yang sudah kerja juga bisa kok melanjutkan S2, tetapi beberapa intansi justru menuntut calon mahasiswa S2 untuk melepaskan status kerjanya.
4.                       Menikah
Nah, ini dia pilihan yang mengenakan tetapi bisa jadi sulit. Rata-rata cewek memang memiliki tuntutan untuk segera menikah daripada cowok, tetapi bukan berarti cowok juga gak pengin segera menikah. Hanya saja mungkin belum menjadi prioritas, karena merasa masih kurang nih biaya buat nikah, atau mau membahagiakan ortu dulu.
“Calonnya orang mana Mba?” “Wah, orang planet Mars Bu”
Ya itu di antaranya saja, mungkin banyak lagi yang bisa dilakukan ketika setelah lulus, seperti nyalon lurah, bahkan nganggur.hehe Tapi, bagiku, kalo kerja cuman buat memenuhi tuntutan sosial atau orang lain dikhawatirkan akan jadi terpaksa kerjanya, akhirnya gak betah, pindah sana pindah sini, stres, dsb.
Dalam hal karier, kita selalu terburu-buru. Harus buru-buru lulus.Harus buru-buru mendapat kerja. Harus buru-buru selesai kerja. Harus buru-buru naik pangkat. Menjadi yang terdepan memang penting. Tetapi, dalam balapan, saat menjadi yang tercepat seseorang bisa jadi kehilangan esensi dari pekerjaan dan karier itu sendiri. (Margareta Astaman, dalam buku Fresh Gradute Boss)
Juga di pilihan yang lain, menikah yang buru-buru cuman biar memenuhi tuntutan sosial juga nanti jadinya terpaksa, berwirausaha cuman biar cepet-cepet kaya justru jadi gak kaya-kaya. Aku kadang heran sendiri ketika kemarin di rumah ngobrol sama teman yang kerja di Sorong dan bertemu dengan beberapa orang yang sejenis. Bahwa orang-orang yang mengejar-kejar sesuatu terkadang justru tidak mendapatkan apa yang dikejarnya itu, tetapi orang yang tidak mengejar-kejarnya justru sesuatu itu datang dengan sendirinya. Sesuatu itu bisa berupa materi, jodoh, dsb.
Kita balik lagi ke Miyabi (wah kenapa mrringis-mringis lagi lu?), baik kita pasti gak tau ya kesehariannya Miyabi tu ngapain? Kalo ge gak lagi syuting dia ngapain juga pasti gak pada tau? Coz sepengetahuanku juga dia tinggal di sebuah apartemen yang gak semua orang tau (wah kok aku jadi tau ya? Heheh). Tapi, toh orang-orang berusaha untuk tau, apalagi kalo fans beratnya pasti ngorbanin deh buat cari tau.
Tapi, lepas dari pekerjaannya yang seperti itu, orang-orang selalu mencarinya jika butuh untuk main film bokep, atau film lain yang dikit nyinggung gitu-gituannya sampe PH Indonesia aja ada yang datengin tu Miyabi buat main film di Indonesia. Ya karena brand imagenya sebagai bintang film porno itu. Gak mungkin kita mengenal Miyabi sebagai pemain OVJ kan???
Aku jelas gak tau, kenapa doi suka sama gitu-gituan, konon karena itu sudah jadi hobinya. Well, catet hobi. Aku terus mikir, orang yang punya hobi kaya gitu aja bisa sukses, apalagi yang hobinya lebih baik derjatnya. So, biar gak merasa terburu-buru, tertekan, atau kehilangan esensi dari sesuatu lakukan dengan fitrah manusia dan yang sesuai dengan keinginan diri.
Hidup itu penuh proses menunggu ya! Menunggu orang lain yang janji sama kita, menunggu waktu berbuka puasa, menunggu bus, menunggu untuk mendapatkan tiket, menunggu menunggu menunggu… Kita sering dihadapkan pada proses-proses tersebut. Kadang kita bosan dalam proses menunggu , itu mungkin karena kita telah kehilangan makna dari menunggu itu. Kita cuman berdiam diri aja dalam proses menunggu itu, tetapi tidak melakukan sesuatu sehingga proses menunggu itu hanya semakin menambah beban pikiran kita. Mungkin hobi yang bener-bener difokuskan akan menjadi karir yang menyenangkan. Kaya Miyabi yang focus pada hobinya kaya gitu.
Let’s take your time to reconsider your career. Berikan rehat sebelum mengejar karier. Kadang dua bulan istirahat itu akan member arahan yang lebih pasti tentang meraih posisi yang diharapkan. Dengan catatan, segera mencari kerja begitu bisa menghafal siaran film tengah malam. Itu pertanda libur yang terlalu lama (Margareta Astaman dama buku Fresh Graduate Boss).
Nganggur boleh tapi jangan lama-lama, bagus kalo kita bisa melakukan sesuatu seperti mulai belajar keranjingan eh kerajinan apa gitu, kursus, atau apa. Kalo udah sampe apal nih acara pagi di televisi, atau udah naik berat badan, atau sudah sampe apal adegannya Miyabi masak di dapur (hehe kali aja Miyabi punya program televise tantang masak-masakan gitu), stop do something. Miyabi aja pasti belajar melakukan hal-hal kaya gitu sebelum jadi bintang. So isilah waktu nganggurmu dengan melakukan sesuatu, bisa mulai dari yang menjadi hobi atau sesuatu yang membuatmu tertarik (bukan yang kaya Miyabi ya,heheh), syukur bisa focus sehingga bisa menghasilkan sesuatu.
The Last, kita perlu menyerahkan kembali semuanya pada Tuhan, karena sehebat apapun usaha kita tetapi tetap Tuhan yang menentukan hasilnya. So, lakukan dengan baik yang sakinah, mawadah, dan warohmah serta barokah, iya bukan cuman rumah tangga aja yang samaraba tapi karier juga bisa (pikir aja ndiri gimana?xixixi). Syukur kalo usahanya itu hebat, kalo usahanya cuman berdiam diri tak bergerak, gak bersuara cuman melongoooo aja, ya ceburin aja ke laut.
Well, mungkin yang dilakukan sama Miyabi gak bener ya, tapi melihat media massa sampe FPI geger berarti ada sesuatu nih. Kenapa sih ga pake bintang film sejenis yang asli Indonesia, nama mereka mungkin belum meroket, toh banyak juga bintang video gitu-gituan di Indonesia yang sering tampil di acara semacam Buser, Sergap, dkk. Kenapa Miyabi??? Jelas ada sesuatu, dan sesuatu itu lah yang bisa kita ambil sesuatu yang positif yang bisa kita ambil.  Pasti gak mau kan jadi bintang yang dijauhi sama orang terdekat kita? Sampe-sape hidup menyendiri, bagaimanapun konon Miyabi tetep kangen sama ortu yang sudah gak menganggapnya anak, temen-temen deketnya, dan pengen punya suami yang menikahinya, ada yang mau?
Do something dan cobalah untuk Fokus mungkin itu yang bisa aku ambil.
Yep, aku juga masih nyari-nyari apa yang akan aku lakukan setelah wisuda nanti. Masih pengin S2 dan dapet beasiswa, biar namanya tambah panjang,halah penginnya sih ke Jepang biar bisa ketemu Miyabi (uhuk uhuk) ^^v.
(Selesai ditulis pukul 10.43 WIB, 24 Agustus 2012, my kost, dengerin Telling the World (Ostnya Rio), nasihat untuk teman-teman dan diriku sendiri ^^b)

2 komentar:

  1. nice posting...
    nglantur tapi ada nasehat tersurat maupun tersirat yg cukup bisa diambil

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iye aku mikir emang tabrak sana tabrak sini ... ^^b

      Hapus