Sabtu, 07 September 2013

Putus, nyambung lagi ... ^^b

Asli, gak tega buat pensiunin blog ini, secara dah kaya separuh hatiku. heuheuheu ... Aku butuh temen yang bisa diajak cerita, diajak curcol diajak main panco, main poker, dsb. So, akhirnya aku memutuskan untuk kembali menulis di blog ini lagi, hahahaha *Bergaya seperti Pahlawan Bertopeng*. Jadi ceritanya gak jadi end deh, kasian plus eman-eman, *belai-belai, jilat-jilat, cium-cium (hayyo pada mikir apaan yo, kebanyakan nonton Pocoyo lu, eh salah ya? hehe)*

So, setelah aku diwisuda Oktober 2012, aku disuruh pulang ama ortu. Meskipun udah punya kegiatan berupa gantiin dosen ngajar di STIKES, lumayan buat aktivitas, tapi Ortu ngeliat aku yang hidup kasian banget di Semarang, luntang-lantung gak jelas, mulai dari ngemis di lampu merah, sampe makan dari tempat sampah, ampe mandi di got *jangan percaya* November akhir pun aku pulang ke rumah. Ada perasaan aneh ketika akan meninggalkan Semarang. Bagaimanpun juga aku sudah menjalani pahit manisnya hidup di Semarang, mulai dari jadi mahasiswa baru yang suka kangen rumah, sampe males pulang ke rumah.
"Setelah ini, rencanamu apa?" kata ayah ketika kami makan malam sehari setelah aku pulang.
"Mmmm, belum tau Yah," Ah BeTe banget deh baru aja pulang pengen ongkang-ongkang kaki, eh malah ditanyain begituan.
"Cepet dong diputusin, mau apa? Kuliah lagi? Kerja? apa mau kawin?" 
"*Keselek*"
Aku pun mulai mikirin apa yang mau aku lakukan setelah ini? Seminggu berlalu di rumah, ortu mulai khawatir dengan aku yang semakin hidup tak menentu nasibnya. Rambutku berubah jadi panjang dan gimbal, setiap hari cuma kerjaannya ngupil sambil nonton SpongeBob.  Akhirnya ortuku mengirimku ke kampung Inggris Kediri Jawa Timur untuk menimba ilmu silat, ya enggaklah masa ilmu silat? Yang bener tuh ilmu kanuragan, eh salah juga ya? hehe Cuma dua minggu, dan aku milih pulang. AKu gak bisa menikmati masa-masa di sana, terus-menerus mikirin masa depan seperti apa? Ketika di sana, banyak ketemu anak-anak SMA, SMP, bahkan SD, malu bukan main karena secara aku dah sarjana, tapi gak beda ama mereka yang dapat "Beasiswa Mama." Hadeeeeh. Tapi, aku janji akan ke sana lagi, ketika sudah lebih mapan. Aamiin
Akhirnya aku pun pulang ke rumah lagi, dengan membawa sejuta kegalauan yang tak kunjung sirna dalam hidupku. *awAWawAW* Kembali dengan ketidak jelasan hidupku. Satu bulan, dua bulan, tiga bulan hidupku tetap tak berubah sebagai seorang pengangguran sejati. Aku tak berminat untuk mendaftar pekerjaan seperti teman-temanku yang lain, mendatangi JobFair dengan baju yang unik dan dandanan yang cakep atau cantik. Ortu sudah khawatir dengan kondisiku ini. Tapi, giliran ada lowongan wartawan yang aku anggap lebih mending lah dibandingkan aku jadi HRD atau Teller Bank, eh mamah gak bolehin, hidup itu emang susah ya kawan?
Tapi, sebenarnya ada satu cita-cita yang ingin aku wujudkan dan telah aku seriusi ketika lulus sarjana, yaitu JADI PENULIS. Mulailah aku mengetik-ngetik tulisan yang gak jelas, sampe yang jelas buat diikutin lomba. Berbagai macam lomba menulis aku ikuti, mulai dari lomba artikel, cerpen, sampe lomba menulis resep (yang terakhir jangan percaya ya?) Dan alhamdulillah, semuanya GUAGAGAL TOTAL SEMUA. Ada yang emang gak lolos, sampe yang ternyata gak terkirim via email. Oh MIne!!! Pernah juga nulis ke koran, tetep aja gagal. Emang sih, tulisanku lebih mirip curcol dibandingkan tulisan ilmiah, *Nyayat kaki*.
Selain itu, aku mencoba buat kursus-kursus lagi, terutama bahasa Inggris. Mulailah aku tanya-tanya dan cari info tempat kursus, mulai di Cirebon, Semarang, Pekalongan, sampai yang terdekat di Slawi. Gak ada yang cocok. Sempet di Semarang ikut Placement Testnya EF untuk program conversation-nya, dan diinterview ama bule, dengan modal percaya diri hasil 2minggu kursus di Pare, ngobrol lah aku dengan si bule. mulai ditanyain kenapa belajar english sampe suka film apa? *Wuediaan ngerti pa omongane si bule? kekekek* Tapi, hasilnya gagal lagi, aku gak bisa masuk kelas conversation, dan disarankan masuk kelas reguler dulu. Singkat cerita, aku akhirnya kursus TOEFL di English Zone Tegal, hasil ajakan Yekti, juniorku di kampus. Kelas kami 3 orang, satunya Indi, temennya Yekti. Kami diajar oleh mr.Budi, dengan bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris, wawawawa...
Opsi kedua adalah aku kuliah S2 dalam negeri. Sebenernya mimpiku tu pengin kuliah S2 di Jepang atau di Malaysia, tapi seteleh berkali-kali tes TOEFL ITP gak memenuhi standar terus, akhirnya aku pun pasrah untuk memilih S2 di dalam negeri aja dulu. Pilihanku jatuh pada Fakultas Psikologi Magister Sains Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Aku mengikuti proses pendaftarannya, mulai dari mengumpulkan berkas sampai ikut tes masuknya. Selain aku, ada Zaldi juga yang terus nemenin aku. Zaldi pengen banget masuk program Magister Profesi di Psikologi UGM, tapi sayang akhirnya dia gagal masuk karena emang tes seleksinya buat profesi lebih ketat dari sains. Yeah, akhirnya aku pun sendirian lagi.
Jadi, sudah jelas ya? Sekarang aku tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana di Psikologi UGM (Baca YuJiEm). Selain itu, sejak Juli 2013 aku bantu-bantu penelitiannya bu Vio, dosenku yang ge kuliah di Jerman, yap Jerman negeri kincir angin, eh salah ya??hehe. Karena penelitian masih berlangsung sampai Desember 2013 nanti, aku pun masih bolak-balik Semarang Jogja. Di Semarang aku kost di daerah Ngesrep, sedangkan di Jogja di daerah Jalan Kaliurang.
Yap, that is my story, Masa menunggu itu emang bikin galau, gak jelas, dan bikin stres. Masa-masa itu pula, aku mulai suka jalan-jalan, dari Kediri, ke Cirebon, ampe explore wilayah sendiri di Brebes. So, kapan-kapan ta sambung lagi deh... udeh nguantuk Bos...

(7 September 2013, 22.12 WIB, Kost Semarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar