Rabu, 18 Juli 2012

Jangan Takut Salah

Aku tulis di buku kecilku pada 18 Juli 2012 - 17.48 WIB - Masjid Al-Azhar
"Aku menyadari satu hal dalam hidupku bahwa yang membuatku sulit untuk bisa melangkah adalah kenyataan bahwa aku takut gagal meskipun aku belum melakukannya. Seperti dalam proses skripsi ini, aku semakin lama dan lambat karena aku merasa dan berpikir bahwa aku takut salah, aku takut gagal. Memang butuh keberanian dan kepercayaan diri untuk melangkah dan melawan ketakutan itu"

Yeap, Kadang yang membuat kita takut untuk melangkah adalah ketakutan kita untuk salah ...^^b So well, terkadang ketika dalam mengerjakan proses skripsi sering kali kita terhenti langkah ketika menghadapi sebuah kondisi yang tidak membuat kita sangat penat, buntu, dan entah lah apapun. 
Kadang pun aku menyadari bahwa ketika mendengar cerita teman-teman tentang sidang, maka sering menjadi sugesti secara tidak langsung kepada diri kita bahwa skripsi kita harus perfect agar bisa terhindar dari yang namanya pembantaian. Temanku pernah bilang, Abi 2007 pernah bilang, "kerjakan aja Mas, yang penting tu kita bisa mempertanggung jawabkannya," atau kata Pak Akung, dosenku, "kerjakan aja, gak usah takut salah!" 
Yeah, S1 memang masih diperbolehkan salah, sehingga teruslah berjalan meskipun langit tak berbintang (soundtrack TOP Secret - Billionaire). Yang membuat langkah kita terhenti adalah karena ketakutan kita sendiri untuk salah. Padahal Hidup adalah sebuah pembelajaran penting sehingga memang seharusnya peran salah dan benar merupakan satu paket yang tidak terpisahkan. Kalau tidak mau salah ya ke laut aja.

Sepertinya aku masih harus berjuang hingga titik terakhir, berjuang dan terus berjalan. Secepatnya diselesaikan agar masih ada waktu untuk bisa membenarkan yang salah. Keyakinan itu selalu muncul sangat jelas di setiap harinya bahwa aku bisa menyelesaikan skripsi bulan Juli 2012 ini. Semangat terus bertahan dan bekerja keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar